Selamat Datang Di


Semper Barat-Guna mendukung kawasan Semper Barat, Cilincing sebagai Duta DKI Jakarta ke lomba kelurahan tingkat Nasional, minggu pagi ini ratusan warganya serentak membersihkan sampah yang ada dikali maupun saluran air diwilayahnya. Aksi kerja bakti massal yang dilakukan di 17 RW Semper Barat ini sebagai wujud partisipasi warga untuk menciptakan kawasannya tetap bersih dan rapi.Namun petugas kebersihan yang diterjunkan ke lapangan sempat kuawalahan guna mengangkut sampah-sampah yang berhasil di keruk oleh masyarakat ini.Seperti sampah disaluran air Jalan Sena Raya Kompklek Asrama Yon Ang Air, Semper Barat. Dalam waktu satu jam sampah seberat 5 ton atau 6 meter kubik ini dibersihkan warga dengan menggunakan berbagai alat-alat seadanya.


"Saat ini armada yang diterjunkan untuk mendukung aksi bersih warga, disiapkan satu unit mobil pengangkut sampah dengan kapasitas 5 ton buat 2 RW " kata Abung petugas kebersihan kecamatan Cilincing. Dijelaskan jika satu RW menghasilkan 2 ton hingga 5 ton sampah maka untuk aksi kerja bakti massal ini sedikitnya 30 ton sampah berhasil diberihkan.

Ketua RW 5 Semper Barat HM Mukhtar menjelaskan, Kerja bakti massal yang melibatkan sekitar 300 warganya ini bertugas membersihkan saluran air yang menjadi penghubunhg ke kali agar air bisa berjalan lancar ke Kali Cakung Lama. Selain membersihkan sampah-sampah yang menumpuk di saluran air, warga juga mengeruk lumpur yang sudah mengendam disaluran. "Kalau bisa lumpur-lumpur yang sudah dikeruk dan dimasukkan ke dalam karung agar cepat diangkat petugas" ujarnya. Hasil pantauan jakarta Utara.com beberapa titik lokasi saluran vital yang dibersihkan adalah saluran air Sena Raya yang menghubungkan ke Kali Cakung lama, Kali Rengas,Saluran Jalan pemadam kebakaran, Saluran Jalan Sungai Brantas, Sungai Mahakam, Jalan SMP 231, Jalan Tipar Timur, Jalan Tipar Cakung, Jalan Semper Baru, Jalan Kramat Jaya dan Kali Gubuk Genteng. Aksi bersih ini dimulai sejak pukul 06.30 sampai 10.30 pagi.

Fredi Setiawan Lurah Semper Barat mengucapkan terima kasih atas partisipasi giat warga untuk bergotong-royong membersihkan sampah-sampah yang ada disaluran air. "kami berterima kasih kepada warga atas dukungan dan kepeduliannya menjaga Semper Barat tetap bersih dan indah" ujar Fredi. Karena tanpa dukungan masyarakat tidak akan berhasil Semper Barat menjadi duta DKI Jakarta ke Tingkat Nasional dalam lomba kelurahan. (Bian)

Foto Gallery

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Berita Semper Barat

Penggemar

Kritik dan Saran

Sampaikan saran dan kritik anda melalui email di semperbarat@gmail.com