Selamat Datang Di

SEMPER BARAT- Program roadshow, pemberdayaan keluarga terus digerakan.  Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi DKI Jakarta, Tatiek Fauzi Bowo, mengunjungi wilayah Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara. Sasaran kali ini adalah, warga kelurahan Semper Barat,Cilincing Jakarta Utara. Kegiatan dipusatkan diPosyandu RW 4 Semper Barat,Cilincing Selasa (27/09/2011). Di tempat itu, istri Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo itu mengajak seluruh elemen masyarakat untuk melakukan langkah nyata dalam menyejahterakan dan meningkatkan kesehatan warga Jakarta. “Kegiatan roadshow ini untuk mensinergikan potensi mitra dalam rangka mempercepat proses pemberdayaan keluarga, dengan sasaran RW binaan. Tujuannya mendukung tercapainya visi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menjadikan Jakarta sejahtera untuk semua,” kata Tatiek Fauzi Bowo.

Kegiatan roadshow PKK ini, kata Tatiek, bertujuan mengetahui sejauhmana potensi yang dimiliki wilayah.Termasuk peran posyandu di lingkungan dan program KB di masyarakat.Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta, Sri Hartati Fauzi Bowo, mengajak warga Semper Barat untuk terus meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui program pemberdayaan masyarakat dan memanfaatkan posyandu di wilayah. “Posyandu adalah bentuk nyata dari,oleh,dan untuk warga dengan dibantu petugas kesehatan.


Saat ini, kata Hartati, TP PKK Provinsi DKI Jakarta lebih memfokuskan kepada pemberdayaan keluarga dan kesehatan masyarakat dan lingkungannya. Dengan begitu diharapkan akan terwujud keluarga yang sejahtera, maju, dan mandiri. Hal tersebut menjadi inti dalam memajukan perekonomian dan menciptakan kesejahteraan masyarakat bersama."Setidaknya ada lima program prioritas  posyandu yakni KB,Gizi,kesehatan Ibu dan anak serta penanggulangan diare" tutur Tatiek Fauzi Bowo saat berkunjung ke Posyandu di RW 4 Semper Barat.

Karena itu, ia mengajak seluruh potensi yang ada di Jakarta Utara untuk bersama-sama mengambil peranan dalam penyelenggaraan program pemerintah. Sehingga program yang akan digulirkan itu tepat sasaran dan kesehatan masyarakat dapat diciptakan dan ditingkatkan Sesuai dengan slogan yang dipampang masyarakat Cilincing yaitu ‘Jadikan PKK sebagai pendorong percepatan terwujudnya masyarakat sehat, sejahtera, maju, dan mandiri di Jakarta Utara.

Ia juga berharap, kegiatan yang selama ini telah ada dan berjalan seperti program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), harus tetap berlanjut dan lebih ditingkatkan lagi. “Ini merupakan roadshow perdananya dilakukan di wilayah Jakarta Utara tahun 2011" ujarnya.Saat ini di DKI Jakarta terdapat 4.123 posyandu atau naik 6,84 persen dari sebelumnya. Pada akhir tahun 2010 sudah ada 269.655 posyandu di Indonesia. Angka ini naik dibandingkan tahun 2007 lalu sebanyak 267.000 posyandu. Rahmawati (35), satu warga RT 02/04, Semper Barat Cilincing, Jakarta Utara, mengaku gembira dapat mengikuti program pemasangan alat kontasepsi jenis spiral ini. "Alhamdulillah tanpa dipungut biaya saya bisa pasang alat kontrasepsi dibantu tim kesehatan," ucap ibu dua anak ini yang mengaku sangat terbantu dengan kehadiran mobil pelayanan KB keliling. Kegiatan ini juga diwarnai dengan penyuluhan kesehatan dari pakar kesehatan dan Badan BPMPKB DKI Jakarta.

Walikota Jakarta Utara, Bambang Sugiyono mengaku bangga adanya partisipasi aktif para kader PKK yang peduli dengan peningkatan taraf hidup masyarakat. "Tanpa pamrih, mereka bersedia bekerja keras membangun perekonomian keluarga dengan mengandalkan berbagai kreativitas baru seperti membuat majun"tutur Bambang Sugiono.

Dalam kegiatan Roadshow PKK ini, Ny Tatiek Fauzi Bowo secara simbolik menyerahkan akte kelahiran dan KK serta KTP gratis kepada masyarakat tak mampu. (Bian)

Foto Gallery

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Berita Semper Barat

Penggemar

Kritik dan Saran

Sampaikan saran dan kritik anda melalui email di semperbarat@gmail.com